Urutan

Selasa, 04 Januari 2011

KARAKTERISTIK BAHAN BAKAR MINYAK UNTUK KENDARAAN BERMOTOR YANG BERPENGARUH PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pada dasarnya pembatasan sifat fisika-kimia bahan bakar pada spesifikasi ditujukan untuk memberi jaminan kepada konsumen atau masyarakat mengenai mutu bahan bakar yang berhubungan proses pembakaran dalam mesin atau unjuk kerja mesin, stabilitas dan keselamatan bahan bakar dalam penanganan dan penyimpanan. Namun saat ini tuntutan global sudah sangat kuat agar spesifikasi bahan bakar menjamin keharmonisan antara unjuk kerja mesin dan pelestarian lingkungan.
Secara umum kualitas bahan bakar disuatu negara tidak statis, terus berkembang sesuai dengan tekanan yang berbeda seperti perkembangan teknologi mesin kendaraan, harga minyak mentah, jaminan suplai, dan pertimbangan lingkungan (6). Di Indonesia saat ini masih ditambah dengan kondisi politik, sosial, ekonomi yang masih tidak menentu sehingga berpengaruh pada masih tingginya subsidi dan keterbatasan kemampuan kilang.
Karakteristik Bensin yang Berpengaruh pada LingkunganBahan bakar bensin adalah campuran

PENGARUH KUALITAS BATUBARA TERHADAP BIAYA PEMBANGKITAN LISTRIK ??

Untuk sebuah plant, kualitas batubara berpengaruh pada Biaya Pembangkit Listrik, yang dapat diklasifikasikan menjadi: Capacity (kapasitas) unit, Heat rate (perpindahan panas), Availability (kemampuan unit untuk beroperasi), Maintanance (biaya perawatan untuk seluruh komponen yang bekerja)
Untuk sebuah plant, kualitas batubara berpengaruh pada Biaya Pembangkit Listrik, yang dapat diklasifikasikan menjadi: 1. Capacity : kapasitas unit 2. Heat rate : perpindahan panas 3. Availability : kemampuan unit untuk beroperasi 4. Maintanance : biaya perawatan untuk seluruh komponen yang bekerja

Gambar 1. Pengaruh Biaya Terhadap Perubahan Batubara Dengan Perpindahan Panas Pada Boiler 1000 MW
Gambar 1. di atas memperlihatkan hubungan batubara dengan outages (energi yang hilang/ power loss) dari dua Plant 800 MW yang berbeda. Dapat dilihat bahwa kemampuan Plant A untuk beroperasi berhubungan dengan nilai kalor dari batubaranya. Begitu juga dengan kemampuan unit (availability) dari Plant B untuk

LNG Storage Tank

LNG atau Liquefied Natural Gas adalah gas alam yang di super-dinginkan (bukan dibekukan) sehingga temperaturnya turun hingga -160C. Hal ini menyebabkan gas alam menjadi terkondensasi hingga menjadi bentuk cair (liquid). Teknik pendinginan ini untuk pertama kali dibuktikan dan dipraktikan di Amerika pada tahun 1917. Gas alam yang didinginkan memiliki tujuan agar volume berkurang dan lebih aman. Volume LNG kira-kira 1/600 kalinya ketika berbentuk gas alam. LNG memiliki berat 45% dari berat air. LNG juga bersifat tidak beracun, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak bersifat karat. LNG juga tidak mudah terbakar dan tidak mudah meledak sehingga LNG merupakan fuel yang aman dibandingkan ketika masih berbentuk gas alam. LNG sangat berguna untuk memasak, pengganti BBM, dan pembangkit listrik.
image
Proses perjalanan LNG terdiri dari 4 tahap utama, yaitu eksplorasi dan produksi gas alam, pencairan gas alam (liquefaction) transportasi (shipping), yang terakhir regasifikasi dan penyimpanan untuk kemudian didistribusikan ke konsumen melalui pipeline systems.
image
image
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa LNG merupakan fuel yang aman karena beberapa factor, seperti

Pada kondisi bagaimana LNG disimpan ?

LNG yang disimpan dalam kilang jumlahnya sangat besar di dalam Tangki LNG. 
Contoh:
  • Ukuran Tangki yang ada di Arun: 800.000 barrel
  • Ukuran tangki di Bontang: 600.000, 800.000, dan 786.000 barrel
  • Kapasitas tanker LNG rata-rata 786.000 barrel = 125 000 m3
  • Untuk tangki yang besar (>1670 barrel = 265000 lt), tidak dapat dirancang sebagai tangki bertekanan.
  • Lebih praktis bila dirancang tangki dengan tekanan rendah (mendekati atmosferik)
  • Untuk tangki dengan: